Rabu, 21 Desember 2016

AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA EVENT ORGANIZER (Accounting For EO)

Halo temen-temen, update lagi nih aku di penghujung 2016, menyambut tahun baru ya kawan, semoga di tahun 2017 mendapat kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi..

Kali ini aku mau bahas tentang Akuntansi Perusahaan Jasa yaa, lebih tepatnya EO (Event Organizer). Disini temen-temen diharapkan sudah mengerti konsep HUMBP ya, Harta ~ Utang ~ Modal ~ Beban ~ Pendapatan...

PENTING !!!
REFERENSI SOAL aku dapet dari temen aku Nadya Aprilianisa
Aku edit-edit nama eventnya jadi berhubungan dengan indomie dan sarimi untuk mengenang masa-masa ngekost bareng temen aku yang satu itu, pokoknya akhir minggu pasti ketemu sama indomie dan sarimi, soalnya kita dapet uang jajannya mingguan brot,, #jadi curhat.. INTInya nama-nama apapun yang muncul di bahasan kali ini semata-mata hanya untuk membantu saja, tidak ada maksud lain..thanks...

Sekilas tentang soal yang akan kita bahas kali ini agak rumit dari soal sederhana, soalnya ada perhitungan baris waktu, tapi ga rumit banget (menurut aku) soalnya transaksinya udah aku cut beberapa.

Temen-temen bisa download excelnya DISINI dan belajar sendiri, aku udah bikin jawabannya juga di excel itu, tapi temen-temen juga bisa download excelnya sambil baca penjelasan aku...

Langsung aja berikut soalnya yaa,



Sebelum ngejurnal, temen-temen harus memperhaikan asumsi dalam mengerjakan soal ini yaa, berikut asumsi yang aku buat


Berikut jurnal umum untuk bulan September (kalem masih banyak ko jurnalnya),


Kita bahas satu persatu ya kenapa gitu jurnalnya,
Jurnal tgl 01/09 debetnya kas dan kreditnya modal, karena di keterangannya ‘menyetor uang’ berarti dalam bentuk kas.
Jurnal tgl 05/09 debetnya SDDM dan kreditnya kas, karena sewa dibayarnya untuk 1 tahun dan tentunya dibayar tunai karena ada kata kerja ‘menyewa’. Untuk perekrutan karyawan tidak dijurnal karena secara logika aja karyawan dibayarnya kalo udah kerja.
Jurnal tgl 06/09 itu tinggal dikaliin dan dijumlah aja ya, jurnalnya disatuin karena menurut aku PC, meja, dan kursi itu termasuk peralatan, kan umur ekonomisnya di atas 1 tahun, tapi nanti di list inventaris tentunya harus di rinci.
Jurnal tgl 13/09 ceritanya presentasi ini promosi kan, untuk nama akun aku masukinnya ke biaya promosi dan biaya transportasi, tapi kalo temen-temen atau perusahaan punya kebijakan sendiri, nama akunnya bisa di ubah terserah temen-temen aja yaa.
Tgl 15/09 dan 16/09 tidak dijurnal, tetapi akan dijelaskan pada tabel di bawah ini


Tgl 15/09 itu hanya pengumuman pemenang tender aja, belum ada pengakuan apa-apa jadi engga di jurnal, untuk tgl 16/09 juga itu baru informasi biaya yg nantinya bakal keluar aja. Tabel di atas merupakan gambaran waktu yang dihasilkan dari informasi tgl 15 dan 16, tanggal di kolom akhir adalah tanggal untuk pembayaran biaya event, ada yg harus dibayar dimuka sebagian, ada yg bisa dibayar di akhir. Dalam hal ini sebagai perusahaan ga usah ada keinginan buat pengen bayar lebih cepet kecuali ada diskon, dalam kasus ini kan ga ada diskon tuh, jadi ga perlu pertimbangan percepatan pembayaran, bayar saat jatuh tempo aja.
Jurnal 25/09 biaya macem-macem gitu sih kalo aku masuknya ke akun biaya utiliti, namanya bisa aja beda sih, ada biaya utilitas, biaya listrik air dan telepon, atau biaya ppob, bebas ya pilihan.
Jurnal 29/09 dan 30/09 merujuk ke tabel gambaran wakt yaa.
Jurnal 30/09 tentunya biaya gaji, ini baru ditulis kan jelas pembayaran gitu, sebenernya kaitan dengan informasi rekrutmen di atas tuh gini, total gaji 3 org yg di rekrut itu kan $24.000, berarti gaji untuk Juli dan Yuni itu selisihnya sebesar $20.000, jadi bisa ketebak kalo gaji Juli dan Yuni masing-masing $10.000.
BTW, kenapa itu jurnal di warnain??
Jadi yang warna kuning itu sih udah jelas ya buat nandain biaya kita ngadain event, nah kalo yang biru maksud aku tuh itu pengeluaran rutin, yg pasti dikeluarkan tiap bulannya, kalo ga ada informasi nominalnya naik atau turun aku asumsikan tetap jumlah pengeluarannya, bisa cek di tabel asumsi.

Siip, lanjut ke jurnal umum bulan Oktober yaaa..


Jurnal tgl 01/10 udah pasti sih jurnalnya gitu, hehe
Jurnal tgl 06/10, 17/10, dan 23/10 bisa liat tabel gambaran waktu.
Jurnal tgl 20/10 di soal emang ga ditulis nih transaksi tgl segini, tapi pas beli kendaraan kan udah dijelasin pembayaran cicilan tiap tgl 20 tiap bulan, jadi ini merupakan transaksi rutin, makanya aku tandain biru soalnya ‘rutin’, mengenai jumlah di soal udah dipastiin jumlah cicilannya $3.180 cek transaksi tgl 01/10, tapi kita tetep harus teliti, harus hitung cicilan pokok berapa, dan bunga berapa, karena ‘biasanya’ ada biaya bunga, utang $180.000 kan dilunasin dalam 5 tahun (60 bulan), cicilan pokok berarti $3.000, maka selisih dari jumlah cicilan merupakan biaya bunga, sekilas keliatan sih ratenya kecil 0,1% soalnya ini soal boongan, biasanya kalo di realita itu bunganya bikin horror.
Jurnal tgl 23/10 itu jurnal untuk pengakuan pendapatan karena ada ‘Laporan Event’, tetapi pendapatan tersebut dianggap masih harus diterima karena pembayarannya ditangguhkan 30 hari setelah laporan event, akun PMHD dipersamakan dengan piutang.
Jurnal tgl 25/10 dan 31/10 muncul meskipun tidak ada di soal, kenapa? Karena biaya ini rutin, tidak ada di soal diasumsikan tidak ada perubahan pengeluaran, sehingga jumlah pengeluaran untuk beban ini muncul sama seperti bulan sebelumnya.

Oke, lanjut ke jurnal umum bulan November..


Jurnal tgl 05/11 bisa liat tabel gambaran waktu.
Jurnal tgl 07/11 dan 14/11 penjelasannya sama seperti jurnal tgl 13/09, hanya saja untuk pemberian bingkisan menurut aku itu tidak termasuk ke biaya promosi ya, jadi aku pisahin masuk ke biaya lain-lain.
Tgl 15/11 dan 16/11 tidak dijurnal, kasus ini sengaja mirip sama kasus sebelumnya, biar di ulang, kan kalo ada pengulangan suka cepet ingetnya, ini tabelnya


Jurnal tgl 20/11, 25/11, dan 30/11 penjelasan sama seperti bulan sebelumnya.
Jurnal tgl 22/11 merupakan penerimaan pembayaran atas laporan event tgl 23/10, kalo di hitung pas 30 hari jatuh di tanggal ini.
Jurnal tgl 25/11 dan 26/11 bisa liat tabel gambaran waktu.

The last month kawan, jurnal umum bulan Desember..


Jurnal tgl 02/12, 13/12, dan 22/12 bisa liat tabel gambaran waktu.
Jurnal tgl 20/12, 25/12, dan 31/12 penjelasan sama seperti bulan sebelumnya.
Jurnal tgl 22 penjelasan sama seperti jurnal tgl 23/10, meskipun laporan event disampaikan ke klien 3 hari kemudian, engga kaya tgl 23/10 disampaikan hari itu juga, pengakuan pendapatan tetap saat Junny Ev. menerima laporan event, kalo penyampaian ke klien pending, itu kan masalah teknis ya bro..hehe

Nah jurnal umum, cukup sampai disini aja kawan, selanjutnya ke jurnal penyesuaian, jurnalnya juga dikit kok..



Jurnal ke-1 penyesuaian biaya sewa, kan sewa udah kepake nih 4 bulan dari 1 tahun, harus dibebankan.
Jurnal ke-2 penyusutan peralatan kan dibeli bulan 09 kepakenya 4 bulan dari rencana disusutkan selama 5 tahun, harus dibebankan.
Jurnal ke-3 penyusutan kendaraan kan dibeli bulan 10 kepakenya 3 bulan dari rencana disusutkan selama 12 tahun, harus dibebankan.
Jurnal ke-4 pengakuan Biaya Event “Sarimi Isi Tiga”, soalnya event nya sudah dilaksanakan, tapi beban belum di bayar, bebannya kan masuk ke tahun 2016 jadi harus di anggap bebab di tahun 2016.

Selanjutnya, kita bikin buku besar, TAPI ini engga wajib, soalnya engga diminta, ini cuma buat mempermudah bikin neraca saldo...FYI aku cuma masukin yg dijurnal umum aja ke buku besarnya, soalnya penyesuainnya nanti aku masukin ke worksheet. Kalo temen-temen mau sekalian masukin penyesuaian ke buku besar juga boleh ko, nanti temen2 langsung nyusun Neraca Saldo Setelah Penyesuaian. Engga bikin buku besar juga gapapa ko, soalnya ini transaksinya masih sedikit...




Nah ini tampilan Neraca Saldo (belum termasuk penyesuaian),


Itu akun yang kena shading ceritanya akun yg muncul akibat dari penyesuaian,


Nah, kalo tadi temen-temen masukin penyesuaian ke buku besar, temen-temen langsung bikin NSSD, kolom terakhir tuh, engga usah bikin banyak kolom gitu..
Dari NSSD, itu bisa langsung dibikin Laba Rugi, Perubahan Modal, sama Neraca kaya dibawah ini...


Untuk beban, temen-temen bisa variasiin lagi, misalnya dipisahin itu biaya operasional dan biaya non operasionalnya, gimana cantiknya aja tampilan laporannya...


Disini, perubahannya masih ngaruh ke modal, kan soalnya masih sederhana, dan engga diketahui bentuk perusahaannya apa. Kalo temen-temen dapet soal yg udah pasti kalo perusahaannya itu berbentuk PT, maka yg berubah itu bukan modal tapi Laba yang ditahan / Retained earning.


Neraca ini tinggal mindahin semua HUM yang ada di NSSD, yang berbeda cuma besar modalnya, besar modal diambilnya dari laporan perubahan modal.

Cukup segitu aja pembahasan kali ini, kalo ada yang perlu dikoreksi, cukup komen aja, setelah diskusi dan menemukan jalan terbaik (ciee) pasti aku perbaiki, aku posting ini bukan berarti aku full bisa, tapi kita semua sama-sama belajar bersama...


Terima kasih udah baca blog aku, semoga bermanfaat...

6 komentar:

  1. Mba'e utk pengakuan pendapatan diatas menggunakan cash basis atau acrual basis y? pendapatan DDM vs Pendapatan tgl 23/10 (acrual basis), kemudian 22/11 diakui kas vs pendapatan DDM (cash basis).

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, mohon maaf baru menjawab setelah bertahun-tahun, dan mohon maaf ada revisi jawaban sebelumnya, jadi maksud dari pendapatan yang masih harus diterima ini jelas berbeda dengan pendapatan diterima dimuka, jika pendapatan yang masih harus diterima konsepnya sama dengan piutang bagi perusahaan, sedangkan pendapatan diterima dimuka konsepnya sama dengan hutang bagi perusahaan.

      transaksi tgl 23/10 ada pengakuan pendapatan karena telah dibuat laporan event, sedangkan belum ada dana diterima, jadi pendapatan harus di akui, dan lawan posnya adalah pendapatan yang masih harus diterima /piutang..
      saat tgl 22/11 barulah diterima dana atas pendapatan yang diakui tgl 23/10, pendapatannya sendiri masuk ke bulan 10 ya mba (karena sudah ada laporan event), tetapi dana diterima bulan 11..
      akrual basis semua ya mba, semangat..

      Hapus
  2. Mantab gan untuk bantu pembuatan jasa event organizer. t-boundaries.com

    BalasHapus
  3. gan, saya mau tanya untuk conth diatas ada nggak yang versi yang ada ppn dan pphnya gan?
    mohon infonya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo gan, mohon maaf menjawab setelah sekian tahun, kebetulan untuk versi ppn dan pph saya tidak buat ya gan, karena perpajakan selalu update baik tarif maupun ketentuan pendukung lainnya, jadi untuk ppn dan pph agan bisa konsultasi ke konsultan pajak gan... mohon maaf jika jawaban kurang membantu ya gan.. terimakasih

      Hapus
  4. halo kak salam kenal.. aku baru aja baca blog kakak & makasih banget buat insightnya. kalo boleh, bisa tolong dishare ga kak excel nya? tadi aku udah coba buka linknya eh ternyata butuh akses. aku butuh bgt untuk rekapin keuangan kantor aku kak, makasih ya kak sebelumnya.

    BalasHapus